Sabtu, 07 Mei 2011

Aceh waspada gelombang tinggi


BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, memprediksi tujuh hari ke depan (7-13 Mei 2011), tinggi gelombang laut di Aceh mencapai lima meter, terutama di perairan utara Pulau Sabang.

Masyarakat yang tinggal di pesisir, pengusaha jasa angkutan laut, pengguna transportasi laut di Aceh, terutama nelayan, diminta agar lebih waspada dalam pekan ini.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Alvianto melalui prakirawan Anang Heriyanto  di Blang Bintang, Aceh Besar, hari ini mengatakan, sepekan ke depan dari pengamatannya melalui citra satelit, diprakirakan gelombang di perairan Aceh (Sabang dan Pulo Aceh) mencapai 2-3,5 meter, sedangkan di bagian utara Sabang tingginya bisa mencapai 3,5-5 meter.

“Sepekan ke depan, gelombang tinggi tidak saja terjadi di perairan Aceh maupun utara Sabang, tetapi juga di perairan barat-selatan Aceh yang tinggianya mencapai 2,5-3,5 meter. Sedangkan di perairan utara-timur Aceh, tinggi gelombang laut berkisar 1,25-2,5 meter,” papar Anang.

Menurut Anang, hal itu terjadi karena angin yang bertiup di sejumlah wilayah di Aceh seminggu ke depan masih berpotensi kencang. Kecepatannya berkisar antara 10-40 km/jam. Kecepatan angin bertiup dari barat daya hingga menuju barat laut.  Namun demikian, kata Anang, meski sebagian wilayah Aceh akan dilanda angin kencang, kemungkinan untuk terjadinya puting beliung juga harus diwaspadai.

“Memang sejauh ini kita belum bisa memprediksi kemungkinan itu, tapi hal itu bisa saja terjadi. Untuk melihat tanda alam bisa dilihat gumpalan awan hitam pekat yang berpusing,” katanya.

Anang menambahkan, pola angin yang umumnya bertiup dari barat daya hingga barat laut yang terjadi sepekan ke depan, banyak membawa uap air dari lautan yang akhirnya membentuk gumpalan awan. Sehingga sejumlah daerah di Aceh diprediksi masih sangat berpeluang untuk turun hujan. Intensitasnya ringan hingga sedang yang diprakirakan terjadi pada sore atau malam hari. Malah disertai angin kencang dan guntur dalam durasi singkat.

“Meski demikian, fenomena cuaca lain yang bisa kita lihat, tujuh hari ke depan temperatur suhu di sebagian wilayah di Aceh cukup tinggi, berkisar antara 32-33 derajat Celcius. Hal ini terjadi pada siang hari, saat aktivitas atmosfer berskala lokal memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif atau hujan di atas atmosfer Aceh,” pungkas Anang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar